7 Apr 2012

HUT PPDI Kab Ciamis Jawa Barat Di Obyek Wisata Panjalu

Ciamis. Pada hari Sabtu pekan kemarin, jajaran perangkat desa di Indonesia  di Kab. Ciamis menggelar acara HUT Ke 3 Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) tingkat kabupaten yang berlangsung di alun-alun Panjalu, dihadiri Wagub Jabar yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan Umum Prov.Jabar Enjang Nopandi,anggota DPRD Jabar Iwan Sudrajat, Wakil Bupati Ciamis Drs.H.Iing Syam Arifin, para kepala SDKPD, unsur Muspika Panjalu dan kepala desa.
A.Rahmat Suryana selaku Ketua Penitia HUT Ke 3 PPDI Kab.Ciamis mengatakan, terlaksananya acara tersebut atas kerjasama seluruh perangkat desa Kab.Ciamis, sehingga acaranya cukup meriah dengan menampilkan kesenian tradisional “bebegig” Buta Daor dari Desa Cibeureum Kec.Sukamantri, pencak silat dari Desa Bahara Kec.Panjalu, pongdut jkkarinding dari Desa Ciomas Kec.Panjalu, juga kesenian hasil karya PPDI Kab.Ciamis.
Ketua PPDI Kab.Ciamis Subagio SPd dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa wadah PPDI yang kepengurusannya sudah terbentuk di Jawa Barat di antaranya Bandung Barat, Ciamis, Garut, Cirebon, Majalengka, Kuningan dan kabupaten lainnya.”Kami berharap kepada pemerintah tingkat pusat hingga daerah untuk memperhatikan nasib para perangkat desa, terutama mohon dukungan perangkat desa menjadi PNS, karena kini UU Desa sedang digodog di DPR RI,”ujarnya.
Iwan Sudrajat yang mewakili Ketua DPRD Jawa Barat mengungkapkan, bahwa tuntutan menjadi PNS itu terlalu kecil. “Perangkat desa jangan terlalu menuntut untuk menjadi PNS. Itu tuntutan yang sangat kecil sekali. Perangkat desa mempunyai peranan yang cukup besar dalam dunia politik lokal.   Perangkat desa langsung berhadapan dengan masyarakat,” katanya.
Dia menilai salah satu hal penting yang harus diperhatikan dari perangkat desa adalah masalah kesejahteraan. Selama ini kesejahteraan perangkat desa memang masih jauh dari layak. “Yang bisa kita angkat (jadi PNS), ya kita angkat. Untuk yang belum, bagaimana kita memikirkan kesejahteraannya,” katanya.
Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis Drs.H.Iing Syam Arifin mengatakan, bahwa organisasi PPDI resmi dan untuk TPAPD karena Ciamis hanya mampu memberikan honor Rp.500.000, dan dia berharap Pemprov Jawa Barat member tambahan sehingga menjadi Rp.1 juta. “Kami akui, tugas perangkat desa itu cukup berat, karena berhadapan langsung dengan masyarakat,”ujarnya. (HUSEN)***
Acara HUT PPDI Kab Ciamis Sukses
Asep Rahmat Suryana selaku Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kec.Panjalu yang juga Seksi Pembanngunan di kecamatan setempat, mengaku lega dan puas karena telah sukses menyelenggarakan acara HUT Ke 3 PPDI tingkat Kab.Ciamis yang berlangsung di alun-alun Panjalu, pekan lalu.
“Alhamdulillah, pelaksanaan HUT ke 3 PPDI tingkat Kab.Ciamis di Panjalu dapat berjalan lancar sesuai harapan, dan tidak mengalami kendala. Bahkan, kami dapat menyelenggarakannya secara meriah dengan menampilkan berbagai kesenian tradisional khas Panjalu dan sekitarnya.”ungkapnya.
Selama dua minggu, Asep Rahmat Suryana bersama rengrengan panitia yang juga anggota PPDI termasuk PPDI Kec.Panjalu, berusaha keras agar acara HUT Ke 3 PPDI tingkat kabupaten berjalan sukses. Apalagi pada HUT kali ini dihadiri Wagub Jabar yang diwakili, Ketua DPRD Jabar yang diwakili dan dihadiri Wabup Ciamis Drs.H.Iing Syam Arifin.
“Acara yang sukses kami gelar, berkat adanya kerja keras rekan-rekan anggota PPDI dan dukungan semua pihak. Karena itu, kami mengucapkan terima kasih. Semoga saja, acara semacam ini dapat mempererat ikatan tali silaturahmi dan PPDI Tetap Jaya,”paparnya. Juga berharap, agar keinginan anggota PPDI menjadi PNS dapatb tercapai, serta sejahtera.(HUSEN)***
(Sumber : Tabloid Lintas Pena) / Foto : Dokumentasi PusinfoPPDI* Kab Ciamis