18 Des 2011

Lewat Twitter Warga London Ajak Gotong Royong Bersihkan Kota

London. Mereka datang bersenjatakan sapu dan gerobak aneh.
Ini jawaban para relawan dan warga Twitter London menanggapi aksi kekerasan terburuk yang memporakporandakan  kota mereka. Rusuh teratasi, mereka bahu-membahu membersihkan kota.
Bintang rock Ricky Wilson, berada di antara kerumunan. "Kami baru saja kembali dari tur dan itu seperti shock melihat kekerasan di televisi," katanya.
Dengan semboyan 'Semangat Blitz' mereka gotong-royong membersihkan puing dan menyapu jalan.
Semangat komunitas ini direplikasi di ibukota sebagai relawan. Mereka dikoordinasi oleh seniman Dan Thompson, yang memulai dengan ajakan melalui akun @riotcleanup di Twitter, dan memiliki 75 ribu pengikut hingga sore kemarin.
Kelompok lain di Twitter menyebut dirinya #riotwombles, merujuk ke alat yang biasa dipakai untuk membersihkan Wimbledon Common.
Di Walworth, sebelah timur London, lebih dari 50 relawan berkumpul untuk membantu bersih-bersih kota.
Sebuah protes damai terhdap pembunuhan pria berusia 29 tahun di Tottenham memburuk berakhir rusuh pada Sabtu malam. Pelaku huru-hara membakar bus tingkat khas London, merusak mobil-mobil patroli dan mencemari sebuah mal perbelanjaan di distrik Wood Green, dekat kawasan.
Sementara di Enfield, dilaporkan bahwa sebuah mobil polisi diserang, dan televisi Sky News melaporkan bahwa ratusan pemuda turun ke jalan membuat masalah dengan sebuah tayangan menunjukkan toko obat yang dijarah.
"Kami telah menempatkan petugas ekstra untuk bertugas malam ini di penjuru ibu kota," ujar komandan polisi, Christine Jones. "Kami dengan hati-hati memantai setiap laporan intelijen da memastikan bahwa kami telah menempatkan petugas di tempat yang benar. Tak ada seorang pun yang ingin menyaksikan adegan pada malam lalu di Tottenham."
Pada kekerasaan saat Sabtu, beberapa bangunan terlihat terbakar berkobar-kobar. Tayangan TV menunjukkan bis tingkat yang menjadi bola api dan ratusan polisi bergerak ke jalan mencoba memulihkan ketertiban.
Polisi mengatakan satu orang tewas, 26 petugas terluka, sebagian luka kecil dan menangkap 55 orang, termasuk 4 orang pada Ahad. Mayoritas tahanan didakwa atas perampokan dan melakukan tindak kekerasan seperti penyerangan, perampokan, pencurian dan penjarahan serta penadah.
Redaktur: Siwi Tri Puji B
Sumber: Daily Mail